fbpx

5 Keutamaan Berkurban: Menebar Manfaat, Mendekatkan kepada-Nya

Written by ydsfpeduli

On Juni 14, 2024

Idul Adha menjadi momen penuh keberkahan dan kegembiraan bagi umat Islam. Di hari yang berbahagia ini tak lepas dari ibadah mulia, yaitu ibadah kurban. Ibadah ini merupakan bentuk ketaatan dan rasa syukur atas limpahan nikmat Allah SWT. Daging kurban yang dibagikan menjadi simbol kebersamaan dan kepedulian kepada sesama, terutama antar muslim.

Kurban merupakan ibadah yang sangat dicintai Allah pada Idul Adha. Ibadah ini memiliki keutamaan yang luar biasa untuk orang yang melaksanakannya dan orang-orang di sekitarnya

Selain merupakan bentuk ketaatan muslim kepada Allah, juga akan sangat berdampak secara sosial. Mulai dari hubungan antar muslim hingga menggerakkan perekonomian terutama di desa.

Lebih dari sekadar tradisi, berkurban memiliki banyak keutamaan baik bagi individu maupun masyarakat. Berikut 5 keutamaan berkurban yang perlu kita ketahui.

  • Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Berkurban merupakan salah satu ibadah yang sangat dicintai Allah SWT. Jika Allah sudah mencintai hamba-Nya maka hidupnya akan mendapatkan keberkahan dan petunjuk dari Allah. Hal ini tercantum dalam Al-Quran Surat Al-Hajj Ayat 34

وَلِكُلِّ اُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِّيَذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ عَلٰى مَا رَزَقَهُمْ مِّنْۢ بَهِيْمَةِ الْاَنْعَامِۗ فَاِلٰهُكُمْ اِلٰهٌ وَّاحِدٌ فَلَهٗٓ اَسْلِمُوْاۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِيْنَ ۙ

Artinya : “Bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban) agar mereka menyebut nama Allah atas binatang ternak yang dianugerahkan-Nya kepada mereka. Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa. Maka, berserahdirilah kepada-Nya. Sampaikanlah (Nabi Muhammad) kabar gembira kepada orang-orang yang rendah hati lagi taat (kepada Allah).” (QS. Al-Ḥajj 22:34)

Baca juga artikel berikut :

Bolehkan Distribusi Daging Kurban yang Diolah?

  • Mentaati Perintah Allah SWT

Berkurban merupakan perintah Allah SWT bagi umat Islam yang mampu mengerjakannya. Dengan berkurban berarti kita sedang mentaati perintah Allah. Dasar perintah dari berkurban ini tercantum dalam Al Quran Al Asr  2
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ

Artinya : “Maka, laksanakanlah shalat karena Tuhanmu dan berkurbanlah!”
(QS. Al-Kauṡar :2

  • Mengikuti Jejak Nabi Ibrahim AS

Berkurban merupakan wujud nyata mengikuti jejak ketaatan Nabi Ibrahim AS yang diperintahkan Allah SWT untuk menyembelih putranya, Ismail AS, sebagai bentuk ketaatan dan keikhlasan menjalankan peritah Allah.

Dari kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail ini kita belajar untuk menjadi hamba yang memiliki totalitas ketaatan kepada Allah. Allah tidak akan pernah menyia-nyiakan hamba yang beriman kepada-Nya.

  • Akan Menjadi Saksi Amal di Hadapan Allah

Orang yang mengerjakan kurban akan mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah. Kelak hewan kurban akan menjadi saksi dan pembela di akhirat. Sungguh beruntung orang yang beramal di dunia dan kela mendapatkan kebaikan di akhirat.

Hal ini tercantum dalam sebuah hadits berikut.

“Tidak ada amalan yang diperbuat manusia pada hari raya kurban yang lebih dicintai oleh Allah selain menyembelih hewan. Sesungguhnya hewan kurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulu, dan kuku-kukunya. Sesungguhnya sebelum darah kurban itu mengalir ke tanah, pahalanya telah diterima di sisi Allah. Maka tenangkanlah jiwa dengan berkurban,” (HR Tirmidzi)

  • Memperkuat Ukhuwah Islamiyah

Tidak hanya memperkuat hubungan dan menunjukkan ketaatan hamba kepada Rabb-nya. Berkuran juga memiliki berbagai manfaat sosial. Diantaranya akan mempererat hubungan sesama muslim.

Di dalam rangkaian Idul Adha kita melaksanakan Shalat Hari Raya Idul Adha di pagi hari, selanjutnya ada proses penyembelihan hingga pembagian kurban. Hal ini tidak akan lepas dari interaksi sosial satu sama lain antar anggota masyarakat.

Dengan adanya ibadah kurban juga akan membantu keluarga kurang mampu yang mungkin sangat jarang untuk merasakan daging kurban. Dengan interaksi sosial ini akan memperkuat ukhuwah islamiyah.

Berkurban merupakan ibadah yang mulia dan penuh makna. Selain mendekatkan diri kepada Allah SWT, berkurban juga memiliki banyak manfaat bagi individu dan masyarakat. Demikian 5 keutamaan dari berkurban.

Mari kita jadikan momen Idul Adha ini untuk melaksanakan ibadah kurban dengan penuh keikhlasan dan berbagi kebahagiaan dengan sesama.

You May Also Like…

Hubungi Kami
Ada yang Bisa Dibantu?