fbpx

5 Keutamaan Sedekah Air: Sedekah yang Paling Utama

Written by ydsfpeduli

On Mei 3, 2024

Sedekah Air merupakan salah satu amalan sedekah yang paling utama. Air menjadi kebutuhan yang sangat vital, hingga menjadi sesuatu yang harus ada dan tak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia.

Namun, ironisnya di Indonesia  masih banyak saudara kita di Indonesia yang kesulitan untuk mendapatkan akses air bersih. Apalagi jika kekeringan melanda air semakin sulit untuk didapatkan.

Di daerah-daerah rawan kekeringan, air menjadi barang yang sangat langka dan mahal.

Di berbagai wilayah Indonesia terdapat banyak titik yang keberadaan air bersih begitu sulit didapatkan. Air berwarna, berbau dan tidak layak untuk dikonsumsi.

Kondisi ini tentu saja sangat memprihatinkan dan berdampak buruk bagi kesehatan dan kehidupan masyarakat.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk membantu mereka dengan menyediakan akses air bersih yang layak. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan bersedekah air.

Di dalam Islam sedekah air merupakan salah satu sedekah yang utama karena dapat menopang kehidupan manusia. Terutama jika sedekah itu berupa sedekah sumur yang bisa untuk digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Keutamaan sedekah air ini salah satunya terdapat dalam sebuah hadits berikut:

Wahai Rasulullah, sungguh ibuku telah meninggal dunia, apakah boleh aku bersedekah atas namanya?” Jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Iya, boleh.” Sa’ad bertanya lagi, “Lalu sedekah apa yang paling afdal?” Jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Memberi minum air.(HR. An-Nasai)

Keutamaan Sedekah Air

Baca juga artikel berikut :

Bangun Masjid di Pedalaman, Sediakan Rumah Ibadah yang Layak untuk Saudara Kita

Sedekah air merupakan salah satu sedekah yang paling utama dalam Islam. Hal ini didasari oleh beberapa alasan, yaitu:

  • Air adalah sumber kehidupan. Air sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Oleh karena itu, sedekah air merupakan bentuk kepedulian kita terhadap sesama manusia.
  • Air adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Air termasuk dalam kategori kebutuhan pokok manusia yang wajib dipenuhi. Oleh karena itu, sedekah air merupakan bentuk pemenuhan kebutuhan pokok saudara kita yang kesulitan mendapatkan air bersih.
  • Sedekah air memiliki pahala yang besar. Rasulullah SAW bersabda,

“Barangsiapa yang mengalirkan air kepada orang yang haus, maka Allah akan memberikan kepadanya minum dari khamar yang dilaknat orang-orang yang berdosa.” (HR. Tirmidzi)

  • Sedekah air adalah amal jariyah. Pahala sedekah air akan terus mengalir, bahkan setelah kita meninggal dunia.
  • Sedekah air dapat membantu menyelamatkan nyawa. Di daerah-daerah rawan kekeringan, air bersih sangat penting untuk mencegah dehidrasi dan penyakit lainnya yang dapat membahayakan nyawa.

Bagaimana Cara Bersedekah Air?

Ada banyak cara untuk bersedekah air untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan, yaitu:

  • Menyumbangkan dana untuk pembangunan sumur air bersih
    Anda dapat menyumbangkan dana melalui lembaga amal terpercaya yang fokus pada pembangunan sumur air bersih di daerah-daerah terpencil.
  • Menyumbangkan air bersih secara langsung. Anda dapat menyumbangkan air bersih kepada saudara kita yang membutuhkan, terutama di daerah-daerah yang sedang mengalami krisis air.
  • Membangun sumur air bersih di lingkungan sekitar. Jika Anda memiliki kemampuan, Anda dapat membangun sumur air bersih di lingkungan sekitar untuk membantu masyarakat sekitar.
  • Mengajak orang lain untuk bersedekah air. Anda dapat mengajak orang lain untuk bersedekah air melalui media sosial, website, atau secara langsung kepada orang-orang di sekitar Anda.

Marilah kita bersama-sama membantu saudara kita di daerah rawan kekeringan dengan bersedekah air. Setiap tetes air yang kita sumbangkan akan sangat berarti bagi mereka.

Dengan bersedekah air, kita tidak hanya membantu mereka mendapatkan akses air bersih yang layak, tetapi juga membantu saudara-sadara kita untuk hidup lebih sehat dan layak.

YDSF mengajak Sahabat untuk bersama-sama menyediakan air yang kayak untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Selain berupa air minum, nantinya akan dibangun sumur-sumur untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat.

———
Salurkan kepedulian Sahabat melalui rekening donasi:

BSI : 5757 5858 55

BCA : 011 321 7771

Muamalat : 711 002 9306

An. Yayasan Dana Sosial Al-Falah

Informasi dan Konfirmasi : 081 333 951 332

You May Also Like…

Hubungi Kami
Ada yang Bisa Dibantu?