fbpx

6 Manfaat Zakat Bagi Kesehatan Jiwa

Written by ydsfpeduli

On Januari 3, 2023

Zakat memiliki manfaat bagi kesehatan jiwa. Jika dilaksanakan sesuai syariat Islam, pemberi zakat (muzakki) dapat juga merasakan dampaknya.

Zakat merupakan salah satu bagian rukun Islam, dan ada manfaat zakat bagi kesehatan jiwa. Zakat yang merupakan bagian dari rukun Islam dapat memberikan dampak bagi yang menunaikan (muzakki) dan yang menerimanya (mustahik).

Membayar zakat sesuai dengan ketentuan, mulai dari zakat fitrah, zakat maal atau zakat penghasilan dapat membersihkan jiwa kita sebagai muslim. Zakat memiliki hukum wajib yang dilakukan dengan harta atau telah dianggap mampu untuk melaksanakannya sesuai dengan syariat agama Islam.

Aturan mengenai zakat juga telah diatur dalam negara yang terdapat dalam UU Nomor 23 Tahun 2011 mengenai pengelolaan zakat. Pengelolaan lembaga-lembaga zakat lainnya juga telah diatur dalam UU Zakat, dan Peraturan Pemerintah (PP) No. 14 Tahun 2014 tentang UU No 23 Tahun 2011.

Sebelum membahas 6 manfaat zakat bagi kesehatan jiwa, berikut pengertian dan hukum zakat.

Apa pengertian dan hukum zakat?

Zakat asal kata dari zakah yang merupakan bahasa Arab berarti bersih, suci, subur, berkah, dan berkembang, melansir Kemenag.

Secara istilah, zakat merupakan harta wajib yang wajib dikeluarkan umat muslim, dan diberikan kepada mereka yang berhak menerima sesuai dengan syarat yang ditentukan.

Manfaat zakat diharapkan dapat tersebar secara adil bagi umat muslim. Terlebih lagi, zakat merupakan ibadah yang termasuk dalam rukun Islam, yang juga diatur dalam Al Qur’an dan Sunnah.

Al Qur’an Surat Al Baqarah ayat 43 menjelaskan bagaimana perintah Allah SWT untuk mendirikan salat, dan menunaikan zakat.

Selanjutnya, Al Qur’an Surat At Taubah ayat 11 juga menjelaskan perintah Allah SWT mengenai taubat, mendirikan shalat dan menunaikan zakat.

Hukum menunaikan zakat yakni wajib bagi setiap muslim yang telah memenuhi syarat-syarat wajib zakat.

Manfaat Zakat bagi Kesehatan Jiwa

1. Mensucikan harta kekayaan

Manfaat zakat secara spiritual yaknai mensucikan kekayaan dan jiwa kita. Hal ini merupakan pendidikan yang Allah SWT berikan kepada kita untuk senantiasa taat padaNya dan meningkatkan rasa peduli terhadap saudara-saudara muslim.

2. Membantu saudara

Peduli terhadap saudara-saudara muslim juga dijelaskan dalam Al Qur’an. Al Qur’an Surat At Taubah ayat 11 menjelaskan sebagaimana saudara dalam iman dan zakat merupakan salah satu cara terbaik untuk menunjukkan persaudaraan ini.

Untuk diketahui, zakat dapat meningkatkan kasih sayang, kerukunan dan hubungan antara umat Islam.

3. Mendapatkan rahmat dari Allah SWT

Al Qur’an Surat At Taubah ayat 71 menjelaskan bahwa Allah SWT memerintahkan para mukmin, baik pria dan wanita merupakan pelindung satu sata lain, dan memerintahkan apa yang adil dan melarang apa yang buruk. Allah SWT memerintahkan sholat, membayar zakat, serta menaati Allah SWT dan Rasul-Nya.

Seperti yang Allah SWT perintahkan kepada kita, orang-orang yang menunaikan perintah membayar zakat mereka tidak hanya memenuhi amanah yang Dia perintahkan kepada mereka, tetapi dengan melakukan itu menjadi orang-orang yang mendapatkan Rahmat-Nya.

4. Mendekatkan diri pada Allah SWT

Zakat merupakan ibadah secara spiritual dan dilaksanakan oleh tindakan. Sehingga, zakat menjadi salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

5. Menghapus dosa

Apakah Anda pernah mendengar ungkapan sedekah dapat menghapus dosa? Ini merupakan sabda Rasulullah SAW. “Sedekah dapat menghapus dosa, seperti air yang dapat memadamkan api” (HR. Tirmidzi).

Hal ini juga berlaku dalam pelaksanaan zakat. Kita mengharapkan dosa-dosa kita dapat diampuni oleh Allah SWT dengan melaksanakan zakat.

6. Menenangkan hati

Zakat dapat menenangkan hati, karena melatih umat Islam untuk ikhlas. Ikhlas dalam melaksanakan zakat dapat membentuk pribadi yang tidak kikir dan tidak terlalu mencintai harta dunia.

Selanjutnya, manfaat zakat bagi kesehatan jiwa diharapkan dapat meningkatkan kualitas jiwa dan sumber daya manusia.

Syarat wajib zakat

Berikut syarat-syarat wajib zakat:

  • Beragama Islam
  • Baligh dan berakal
  • Merdeka
  • Mampu menunaikan zakat atau telah mencapai nisab harta

Kini, Anda bisa membayar zakat dengan mudah dan cepat melalui LAZNAS Yayasan Dana Sosial Al Falah Malang. Bayar zakat di sini, professional dan amanah!

You May Also Like…

Hubungi Kami
Ada yang Bisa Dibantu?