fbpx

Inilah 5 Keutamaan Bulan Dzulhijjah, Menuai Berkah dan Berlipat Pahala

Written by ydsfpeduli

On Juni 25, 2024

Bulan Dzulhijjah merupakan bulan ke-12 dalam kalender Hijriah dan dikenal sebagai bulan haji. Di dalam bulan ini dipenuhi dengan berbagai keutamaan dan pahala berlipat ganda bagi umat Islam.

Selain merayakan Hari Raya Idul Adha dan melaksanakan ibadah haji begitu banyak kebaikan dan hikmah yang ada di dalam bulan yang mulia ini.

Hendaknya seorang muslim memanfaatkan bulan mulia ini sebaik-baiknya untuk memperoleh berbagai kebaikan dan keberkahan dari Allah. Di bulan Dzulhijjah ini kita dianjurkan untuk banyak beramal dan berdoa. Berikut 5 keutamaan di bulan Dzulhijjah yang perlu kita ketahui.

Keutamaan Bulan Dzulhijjah

  • Bulan yang Sangat Dicintai Allah

Bulan Dzulhijjah merupakan bulan yang sangat dicintai Allah. Demikian juga Allah sangat mencintai hamba yang melakukan kebaikan di bulan ini. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah tentang bulan Dzulhijjah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

“Tidak ada hari-hari yang perbuatan yang baik itu lebih dicintai oleh Allah daripada pada hari-hari ini”. Maksudnya: sepuluh hari ini. Mereka berkata: “Wahai Rasulullah, tidak juga jihad di jalan Allah?”. Dia bersabda: “Ya. Tidak juga jihad di jalan Allah. Kecuali orang laki-laki yang keluar dengan membawa dirinya dan hartanya, kemudian dia tidak kembali membawa sesuatu apapun darinya”.
(HR Ahmad dan Ibnu Majah).

Hendaknya seorang muslim tidak melewatkan bulan Dzulhijjah untuk memperbanyak amal, terutama di siang hari. Kita sangat dianjurkan melakukan amalan seperti bersedekah, berdzikir, puasa dan amalan-amalan kebaikan lainnya.

  • Merupakan Bulan Haji

Di bulan Dzulhijjah inilah umat Islam menjalankan ibadah haji, yang merupakan rukun Islam kelima. Allah mengundang umat muslim ke baitullah dan melaksanakan rangkaian ibadah haji ini lah umat Islam merasakan kedekatan yang luar biasa kepada Sang Pencipta.

Di dalam rangkaian ibadah haji inilah serang muslim banyak melakukan banyak amalan kebaikan dan ibadah kepada Allah, seperti berdzikir, melempar jumrah, thawaf dan lain-lain.

  • Amalan Berlipat Ganda

Jika pada Bulan Ramadhan, waktu yang utama adalah pada malam hari, pada Bulan Dzulhijjah waktu yang utama adalah saat siang hari. Amalan kebaikan seorang hamba akan dilipatgandakan pada bulan istimewa ini.

Bahkan disebutkan dalam hadits Rasulullah yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Ibnu Majah, bahwasanya amalan di Bulan Dzulhijjah ini lebih baik dari orang yang berperang di jalan Allah, kecuali dia meninggal karena peperangan itu.

Baca juga artikel berikut :

5 Langkah Mudah Berkurban, Penting untuk Disimak

  • Hari Berkumpulnya Muslim dari Seluruh Dunia

Di waktu pelaksanaan haji ini, maka berkumpullah muslim di seluruh dunia di baitullah. Ini lah momen berharga persatuan umat manusia di seluruh dunia dari segala ras, suku, negara, bahasa. Mereka semua hadir karena iman dan memenuhi panggilan dari Allah.

Di bulan Dzulhijjah ini kita akan merasakan ukhuwah islamiyah terbangun. Ada begitu banyak umat Islam di dunia ini yang berlomba dalam ketaatan di bulan mulia ini.

Pelaksanaan ibadah kurban juga merupakan salah satu momen yang mendorong terjalinnya ukhuwah dan kepedulian antar sesama muslim.

  • Waktu Mustajabnya Doa

Di bulan Dzulhijjah ini kita dianjurkan untuk banyak berdoa kepada Allah. Pada puncaknya adalah di Hari Arafah ketika jamaah haji sedang melaksanakan wukuf di arafah. Pada Hari Arafah inilah hari yang sangat mustajab untuk berdoa.

Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah dalam sebuah hadits

Dari ‘Aisyah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
Di antara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah hari Arafah. Dia akan mendekati mereka lalu akan menampakkan keutamaan mereka pada para malaikat. Kemudian Allah berfirman: Apa yang diinginkan oleh mereka?”
(HR. Muslim no. 1348).

Keutamaan Hari Arafah ini tidak hanya bagi seorang yang melaksanakan wukuf di Arafah. Namun juga muslim yang tidak melaksanakan haji. Hal ini karena keutamaan waktunya. Adapun seorang yang berhaji, selain mendapatkan keutamaan waktu, ia juga mendapatkan keutamaan tempat berdoa.

Maka, hendaknya muslim di manapun ia berada memperbanyak berdoa dan meminta kepada Allah di Hari Arafah ini.

Demikian 5 keutamaan luar biasa di Bulan Dzulhijjah. Semoga dangan mengetahui keutamaan-keutamaan ini mendorong kita untuk senantiasa memperbanyak ibadah kepada Allah.

You May Also Like…

Hubungi Kami
Ada yang Bisa Dibantu?