fbpx

Takjil Berbuka Puasa ala Rasulullah

Written by ydsfpeduli

On Maret 14, 2024

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan ampunan. Umat Islam di seluruh dunia menyambutnya dengan penuh semangat, termasuk dalam menjalankan ibadah puasa.

Dua kegembiraan bagi orang yang berpuasa terletak pada dua waktu. Ketika di dunia adalah ketika ia berbuka puasa dan di akhirat nanti ketika melihat wajah Allah.

Maka sungguh luar biasa ibadah puasa ini bagi seorang muslim. Ia menjadi rahasia antara dirinya dan Allah.

Berbuka puasa menjadi momen yang ditunggu-tunggu setelah seharian berpuasa. Akan begitu banyak pilihan takjil untuk santapan berbuka.

Namun, tahukah Sahabat, bahwa Rasulullah SAW memiliki sunnah khusus dalam memilih takjil?

Meneladani sunnah beliau dalam berbuka puasa, termasuk memilih takjil, dapat mendatangkan keberkahan dan pahala yang berlimpah.

Takjil Pilihan Rasulullah SAW:

  1. Kurma:

Hadits shahih riwayat Bukhari dan Muslim dari Abu Abdurrahman menjelaskan:

“Dari Abu Abdurrahman berkata: ‘Adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuka puasa dengan kurma basah (bil-latimir), jika tidak ada kurma basah, beliau berbuka dengan kurma kering (tamr), jika tidak ada kurma kering, beliau minum beberapa teguk air susu.’” (HR. Bukhari & Muslim)

Kurma menjadi takjil pilihan utama Rasulullah SAW. Kandungan gula alami, serat, mineral, dan vitaminnya membantu mengembalikan energi dan menjaga kesehatan pencernaan.

  1. Air Putih:

Menjelang berbuka, Rasulullah SAW menenggak air putih untuk membasahi tenggorokan. Air putih membantu menghidrasi tubuh setelah seharian berpuasa.

Air sangat baik untuk mengawali berbuka puasa karena sebagian besar dari tubuh kita mengandung air. Pasti setelah seharian puasa kita akan banyak kehilangan cairan tubuh.

Maka air inilah yang akan mengembalikan cairan tubuh kita.

Baca juga artikel berikut :

5 Manfaat Berbagi Takjil, Amalan Cerdas di Bulan Ramadhan

  1. Buah-buahan Segar

Buah-buahan seperti semangka, melon, dan apel kaya akan air, vitamin, dan mineral. Kandungan airnya membantu rehidrasi, dan vitaminnya meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Susu

Rasulullah SAW terkadang berbuka puasa dengan susu. Susu kaya akan protein dan kalsium yang membantu membangun dan memelihara otot.

Di dalam setiap apa yang dicontohkan oleh Rasulullah pasti ada kebaikan di dalamnya. Termasuk pilihan takjil yang dipilih. 

Beberapa  manfaat yang bisa kita ambil dari takjil yang dicontohkan Rasulullah yaitu makanannya mudah untuk dicerna tubuh.

Takjil pilihan Rasulullah SAW umumnya mudah dicerna oleh lambung yang kosong setelah seharian berpuasa.

Seperti kurma yang mudah dicerna dan kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga akan dengan lebih cepat mengembalikan energi.

Selain itu, kurma sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh pada Bulan Ramadhan maupun di luar Bulan Ramadhan. Hal ini juga sudah dibuktikan dengan penelitian ilmiah

Meneladani sunnah Rasulullah SAW dalam berbuka puasa, termasuk memilih takjil, menunjukkan rasa cinta dan taat kepada beliau. Selain itu, hal ini mendatangkan pahala dan keberkahan.

Untuk membatalkan puasa, dimulai dengan minum air putih kemudian memakan kurma dengan jumlah ganjil seperti yang dianjurkan.

Untuk berbuka puasa sebaiknya tidaklah makan secara berlebihan. Hal ini karena pada dasarnya puasa adalah untuk menahan hawa nafsu dan keserakahan yang ada di dalam diri kita.

Demikian penjelasan mengenai takjil berbuka yang disunnahkan Rasulullah.

Di bulan Ramadhan yang penuh keberkahan ini YDSF mengajak Sabahat untuk menyediakan takjil dan ifthar bagi saudara muslim kita yang berpuasa.

Mulai dengan 10 ribu untuk takjil dan 25 ribu untuk ifthar sahabat sudah bisa berpartisipasi meraup berkah ramadhan ini.

Yuk hubungi kamu untuk berpartisipasi.

You May Also Like…

Hubungi Kami
Ada yang Bisa Dibantu?