fbpx

5 Rekomendasi Aktivitas untuk Liburan Sekolah Anak

Written by ydsfpeduli

On Juli 18, 2023

Liburan sekolah adalah momen yang rutin ada dalam satu tahun. Orang tua perlu untuk mengarahkan agar aktivitas liburan sekolah anak lebih berkualitas dan bermanfaat.

Adapun untuk kenaikan kelas biasanya jangka waktu liburan yang diberikan lebih lama. Liburan biasanya bisa sampai dua pekan.

Ada baiknya sejak awal direncanakan aktivitas-aktivitas bermanfaat yang akan dilakukan selama liburan.

Tidak hanya liburan sekedar liburan sekolah saja, tetapi anak akan benar-benar refreshing dan mendapatkan pengalaman dan ilmu baru.

Berikut beberapa rekomendasi aktivitas liburan sekolah untuk anak yang bermanfaat dan menambah pengalaman.

  1. Bersilaturahim ke rumah saudara

Liburan sekolah biasanya berlangsung dalam beberapa pekan. Pada hari biasa seringkali belum ada waktu untuk bersilaturahim ke rumah keluarga, terutama keluarga yang rumahna cukup jauh.

Waktu liburan ini bisa dimanfaatkan anak bersama orang tua untuk bersilaturahim ke rumah saudara.

Selain mengisi waktu liburan, silaturahim ke rumah saudara akan mengenalkan anak pada saudara lainnya dan mempererat tali persaudaraan.

  1. Memasak bersama orang tua

Memasak melatih banyak skill pada anak. Aktivitas memasak ini juga bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan.

Di dalam memasak anak bisa banyak berkreasi dan mengeksplor apa yang diinginkannya. Banyak pengalaman yang akan didapat dalam memasak.

Misalnya anak juga dilatih untuk lebih teliti ketika memotong sayur, menuangkan bahan atau menimbang .

Kehati-hatian anak juga akan tumbuh pada aktivitas memasak. Misalnya ketika anak menggoreng bahan makanan tertentu.

Dengan praktek langsung anak akan mengetahui dan mampu untuk memperkirakan bagaimana menggoreng dengan benar agar hasilnya baik dan terhindar dari percikan minyak.

Kegiatan memasak bersama ini sangat direkomendasikan untuk mengisi liburan anak.

  1. Mengikuti program camping liburan

Selama liburan banyak organisasi atau lembaga yang mengadakan progam liburan sekolah. Biasanya program camp liburan ini berlangsung beberapa hari.

Program liburan ini bisa menjadi pilihan bagi anak untuk mengisi liburan agar lebih bermanfaat. Selain itu dengan program liburan yang berlangsung beberapa hari ini anak akan mendapatkan teman dan pengalaman yang baru.

Ada berbagai macam program yang biasanya diadakan ketika liburan sekolah. Diantaranya adalah tahfidz camp yang diisi dengan  program menghafal Al-Quran.

Ada juga program leadership camp untuk anak yang berfungsi menempa kepemimpinan dan menumbuhkan kemandirian pada diri anak.

Masih banyak jenis program liburan lainnya. Sebelum mengikutkan anak pada program, pastikan telah orang tua telah berdiskusi dengan anak terlebih dahulu.

  1. Mengikuti perlombaan

Selama liburan biasanya akan banyak diadakan lomba dari berbagai penyelenggara. Hal ini menjadi kesempatan anak untuk mengeksplorasi bakat dan minatnya.

Mengikuti lomba akan menumbuhkan rasa percaya diri pada diri anak. Dengan mengikuti lomba anak juga akan mendapatkan pengalaman-pengalaman baru.

Keinginan anak untuk menjadi berprestasi akan tumbuh lewat keikutsertaan dalam berbagai lomba.

Bagaimanapun nanti hasil lombanya, ajak anak untuk mengapresiasi keinginan dan upayanya mengikuti lomba.

  1. Jalan-jalan bersama keluarga

Momen jalan-jalan bersama keluarga ini menjadi aktivitas yang paling ditunggu-tunggu selama liburan sekolah.

Dengan waktu liburan yang cukup panjang orang tua bisa memilih waktu yang tepat untuk jalan-jalan bersama anak.

Aktivitas ini akan menyegarkan kembali fikiran baik anak ataupun orang tua yang tiap harinya menjalani rutinitas.

Pilihan tempat untuk mengisi waktu liburan juga bermacam-macam. Saat ini begitu banyak tempat wisata yang bisa dinikmati bersama keluarga.

Tempat wisata seperti pantai, taman edukasi, taman bermain, kebun binatang bisa menjadi pilihan. Mall juga menjadi tempat dengan akses yang mudah dan murah untuk jalan-jalan bersama keluarga.

Jika mengalokasikan waktu beberapa hari saat liburan, maka staycation bisa jadi pilihan yang baik untuk liburan. Selain menyenangkan juga bisa memperkuat bounding anggota keluarga.

Demikian beberapa rekomendasi aktivitas yang bisa dilakukan anak selama liburan sekolah. Semoga bisa memberikan inspirasi dan manfaat bagi sahabat. Yang terpenting selama liburan, jangan sampai lupa sholat ya!

You May Also Like…

Hubungi Kami
Ada yang Bisa Dibantu?