fbpx

Bagaimana Muslim Menyikapi Konflik Palestina-Israel

Written by ydsfpeduli

On November 29, 2023

Konflik Palestina dan Israel saat ini telah menjadi perhatian seluruh dunia.

Masyarakat dan aktivis di seluruh dunia telah begitu banyak yang menyuarakan kemerdekaan Palestina.

Sebagai seorang muslim kita harus memiliki sikap terhadap konflik yang tengah terjadi saat ini.

Konflik antara Palestina dan Israel ini menyebabkan penderitaan yang berkepanjangan.

Warga Palestina yang kehilangan tempat tinggalnya. Berbagai fasilitas umum seperti sekolah, gedung-gedung, kantor, bahkan rumah sakit menjadi sasaran bom dari penjajah Israel.

Krisis air bersih, obat-obatan dan makanan pun terjadi hampir seluruh wilayah Palestina.

Ribuan bom dijatuhkan menyebabkan Gaza luluh lantak. Banyak warga yang meninggal dunia dan mengalami luka karena serangan tentara zionis Israel.

Wanita dan anak-anak pun tak luput menjadi korban serangan bom bertubi-tubi.

Serangan-serangan dari zionis Israel ini telah terjadi selama puluhan tahun. Perlahan-lahan mereka menggusur dan mengambil alih tanah milik warga Palestina.

Ini jelas merupakan kezaliman yang luar biasa yang tidak bisa dibiarkan. Sebagai seorang muslim kita perlu untuk mengambil sikap atas kondisi yang menimpa saudara-saudara kita di palestina.

Kita perlu mendukung penuh Palestina sebagai negara yang berdaulat. Sebagai Bangsa Indonesia, kita kita menentang penjajahan yang ada di muka bumi ini.

Indonesia dan Palestina memiliki kedekatan sejarah. Pada saat awal Indonesia merdeka kita membutuhkan pengakuan kemerdekaan dari negara lain (de yure).

Pada awal kemerdekaan Indonesia, Palestina lah negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia. Maka memberikan dukungan kepada Palestina ini lah cara membalas kebaikan di masa lalu.

Baca juga artikel berikut :

Penting Diketahui! Hukum Tajwid Lengkap Beserta Contohnya

Di tataran antar negara, terutama negara Islam perlu adanya kesepakatan untuk satu suara dalam membela Palestina. Kesepakatan untuk dukungan negara Islam kepada Palestina ini bisa melalui OKI yang merupakan organisasi yang menghimpun seluruh negara Muslim di dunia.

Hendaknya isu ini terus disuarakan di tataran Internasional untuk mendapatkan dukungan secara luas untuk kemerdekaan Palestina.

Sebagai seorang muslim kita perlu menyadari bahwa di Palestina terdapat Masjidil Aqsa yang merupakan kiblat pertama bagi muslim.

Masjidil Aqsa ini merupakan tempat suci yang wajib muslim jaga. Saudara kita di Palestina kini lah yang terus berjuang untuk menjaga amanah yang seharusnya menjadi tanggung jawab seluruh muslim di dunia.

Dukungan secara moral dan materi perlu terus kita gulirkan untuk saudara-saudara di Palestina.

Doa untuk masyarakat Palestina perlu senantiasa kita panjatkan untuk keselamatan mereka.

Di era digital ini kita bisa menyuarakan tentang kemerdekaan Palestina melalui media sosial. Semakin mudahnya kita menyebarkan informasi dan terbukanya informasi saat ini, masyarakat akan semakin cepat dan mudah mendapat informasi.

Di media sosial ini lah kita bisa menunjukkan dukungan dan keberpihakan kita kepada Palestina.

Selain dukungan dan menyuarakan tentang kemerdekaan Palestina, kita perlu untuk membantu semampu kita melalui harta yang kita miliki.

Telah kita ketahui bahwa saat ini Palestina sedang mengalami krisis dan memerlukan bantuan berbagai kebutuhan seperti air bersih, makanan, pakaian dan kebutuhan dasar lainnya.

Maka, kita sebagai seorang Muslim turut membantu untuk meringankan beban warga Palestina.

Bantuan berupa harta ini bisa disalurkan melalui lembaga yang terpercaya. Ada banyak lembaga yang membantu penyaluran bantuan untuk warga Palestina.

YDSF merupakan salah satu lembaga yang membantu penyaluran bantuan untuk warga Palestina. Sahabat bisa menyalurkan bantuan untuk warga Palestina melalui YDSF.

Terus dukung dan bantu  Palestina bebas dari penjajahan.

Semoga bermanfaat!

You May Also Like…

Hubungi Kami
Ada yang Bisa Dibantu?