fbpx

Buka Jalan Kemuliaan: Menjadi Orang Tua Asuh, Mengubah Hidup Anak Yatim dan Dhuafa

Written by ydsfpeduli

On April 30, 2024

Indonesia yang memiliki lebih dari 270 juta penduduk ini belum seluruhnya berada dalam taraf sejahtera.

Masih banyak anak-anak yatim dan dhuafa, yang ada di negeri ini. Mereka adalah yang kehilangan orang tua atau hidup dalam kondisi ekonomi yang sangat sulit.

Kebanyakan dari mereka kurang mendapatkan kasih sayang dan dukungan finansial yang cukup . Hal ini membuat mereka terhambat dalam meraih mimpi dan masa depan yang lebih cerah.

Di sinilah peran orang tua asuh menjadi sangat penting bagi anak-anak yaim dan dhuafa.. Dengan menjadi orang tua asuh, kita sedang membuka jalan kemuliaan bagi anak-anak yatim dan dhuafa untuk mengubah hidup mereka menjadi lebih baik.. 

Islam mendorong umatnya untuk senantiasa memperhatikan anak yatim dan dhuafa. Hal ini menunjukkan bahwa Islam memuat dimensi yang lengkap, yaitu spiritual dan sosial.

Al-Quran cukup sering menyebutkan tentang anak yatim ini. Salah satunya terdapat pada Al Quran Surat Al-Baqarah: 220.

“Dan mereka bertanya kepadamu tentang anak-anak yatim; Katakanlah: “Menyempurnakan kesejahteraan mereka adalah yang terbaik. Dan jika kamu bercampur gaul dengan mereka, maka mereka adalah saudara-saudaramu. Dan Allah mengetahui orang yang berbuat zalim dan yang berbuat baik. Dan Allah tidak akan sekali-kali memberi peluang kepada orang-orang yang berbuat zalim.”

Dari ayat ini Allah memerintahkan muslim untuk memperhatikan kehidupan anak yatim. Maka sebagai muslim hendaknya kita menjawab seruan ini dengan turut memuliakannya.

Perintah untuk memelihara anak yaim ini juga disertai dengan balasan kemuliaan yang luar biasa di akhirat kelak. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam hadits riwayat Bukhari


“Barangsiapa yang memelihara anak yatim piatu dan memberikan nafkahnya, maka baginya seperti aku dan dia dalam surga, bagaikan dua jari yang disatukan.”
(HR. Bukhari)

Selain itu ada banyak manfaat dari menjadi orang tua asuh.  Manfaat menjadi orang tua asuh antara lain

  • Memenuhi kewajiban sebagai umat Islam
    Membantu anak-anak yatim dan dhuafa adalah salah satu kewajiban umat Islam. Perintah untuk memelihara dan memuliakan anak yatim ini banyak terdapat pada Al-Quran dan hadits. Dengan mengikuti program orang tua asuh ini berarti kita sedang menunaikan perintah agama.

  • Mendapatkan pahala yang berlimpah
    Menolong anak-anak yatim dan dhuafa adalah salah satu amalan yang paling mulia. Balasan dari memuliakan anak yatim ini sangat luar biasa.

Baca juga artikel berikut :

Bagaimana Cara Menghitung Zakat Peternakan?

Sebuah hadist mengisyaratkan bahwa kedudukan seorang yang memelihara anak yatim kedudukannya begitu dekat dengan Rasulullah.

  • Menemukan kebahagiaan batin
    Membantu orang lain, terutama anak-anak yatim dan dhuafa, dapat memberikan kebahagiaan batin yang luar biasa. Hati kita akan mendapatkan ketenangan ketika kita membantu dan memuliakan anak yatim dan dhuafa.

    Selain itu Allah akan melembutkan hati kita dengan amalan ini. Sehingga kita menjadi orang yang peka dengan kondisi sekitar dan nikmat yang Allah berikan.

  • Meningkatkan kualitas hidup anak-anak yatim dan dhuafa
    Dengan adanya orang tua asuh maka dapat membantu meningkatkan kualitas hidup anak-anak yatim dan dhuafa, baik secara fisik maupun mental.

Hal ini juga akan menumbuhkan semangat mereka untuk hidup lebih baik. Selain itu dengan dukungan orang tua asuh, maka anak yatim dan dhuafa akan merasa bahwa mereka diperhatikan dan tidak sendiri dalam mengarungi kehidupan.

  • Menciptakan generasi penerus bangsa yang lebih baik
    Dengan membantu anak-anak yatim dan dhuafa mendapatkan pendidikan dan kehidupan yang layak, kita turut berkontribusi dalam menciptakan generasi penerus bangsa yang lebih baik.

    Banyak dari anak-anak yang berprestasi tetapi berada dalam taraf ekonomi yang kurang. Di sinilah peran orang tua asuh untuk mendukung dan mengantarkan mereka menuju masa depan yang lebih baik.

Bagaimana Menjadi Orang Tua Asuh?

Menjadi orang tua asuh sangat mudah. Anda dapat mendaftar di lembaga amil zakat terpercaya seperti Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF). YDSF sudah bertahun-tahun diberikan amanah untuk terus menjalankan program orang tua asuh ini.

YDSF mendata anak-anak yatim dan dhuafa yang membutuhkan bantuan tiap bulannya untuk berbagai keperluan hidup dan pendidikannya.

Kami mengajak sahabat untuk turut berperan menjadi orang tua asuh bagi adik-adik kita.

Dengan menjadi orang tua asuh, Anda tidak hanya membantu mengubah hidup anak-anak yatim dan dhuafa, tetapi juga membuka jalan kemuliaan bagi diri bagi Sahabat.

Bergabunglah bersama kami dan jadilah bagian dari kebaikan dan perubahan!

Informasi lebih lanjut terkait program orang tua asuh YDSF silakan untuk menghubungi customer care kami:

Informasi: 081 333 951 332
————————-

Rekening donasi:

BSI : 5757 5858 55

BCA : 011 321 7771

Muamalat : 711 002 9306

An. Yayasan Dana Sosial Al-Falah

 

Kunjungi kami melalui :

Website : Dari Zakat Merajut Manfaat

Instagram: @ydsf_peduli

Tiktok : ydsf_peduli

Youtube: YDSF Peduli

You May Also Like…

Hubungi Kami
Ada yang Bisa Dibantu?