fbpx

Sedekah Subuh: Amalan Harian Pengundang Keberkahan

Written by ydsfpeduli

On Mei 7, 2024

Setiap hari Allah mengizinkan kita untuk membuka mata. Subuh yang merupakan penanda awal dari hari menyimpan keutamaan yang luar biasa.

Pada waktu Subuh Allah meletakkan keberkahan di sana. Akan ada banyak malaikat yang diutus untuk orang-orang yang bersedekah di waktu Subuh.

Sedekah subuh, sebuah amal kecil yang membawa manfaat luar biasa bagi kehidupan. Bagi umat Islam sedekah subuh bukan hanya kebiasaan, tapi sebuah pintu gerbang menuju keberkahan dan kebahagiaan.Adapun dasar dari sedekah Subuh ini berdasarkan hadits. 

Dari Abu Hurairah r.a. sesungguhnya Nabi Muhammad SAW. bersabda,

“Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak. Sedangkan yang satu lagi berdoa, Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan (hartanya).”
(HR. Imam Bukhari: 5/270).

Hadis ini menunjukkan betapa pentingnya sedekah subuh, di mana malaikat turun ke bumi untuk mencatat amal kebaikan dan melimpahkan keberkahan bagi yang melakukannya.

Sedekah Subuh hendaknya perlu untuk kita biasakan setiap hari. Selain melatih diri membiasakan diri untuk kebaikan, sedekah Subuh juga memiliki banyak manfaat, yaitu:

  • Membuka Pintu Rezeki
    Sedekah subuh dipercaya mampu membuka pintu rezeki bagi yang melakukannya. Dengan ikhlas memberi, Allah SWT akan melipatgandakan rezeki dan memberikan kemudahan dalam mencari nafkah.

  • Mendapatkan Pahala Berlimpah
    Sedekah subuh adalah amal jariyah yang pahalanya akan terus mengalir, bahkan setelah kita meninggal dunia. Setiap tetes air mata yang mengalir saat bersedekah subuh akan dibalas dengan rahmat Allah SWT.

  • Menemukan Ketenangan Jiwa
    Sedekah subuh membantu menumbuhkan rasa syukur dan kepedulian terhadap sesama. Dengan memberi, hati menjadi tenang dan jiwa terasa damai.

  • Menarik Malaikat untuk Mendoakan: Malaikat yang turun ke bumi saat subuh akan mendoakan orang-orang yang bersedekah subuh. Doa para malaikat ini membawa keberkahan dan kebahagiaan dalam hidup.

  • Memperkuat Ukhuwah Islamiyah: Sedekah subuh dapat dilakukan bersama-sama, mempererat tali persaudaraan antar sesama muslim, dan menciptakan komunitas yang saling peduli.

Baca juga artikel berikut :

Sedekah Air Bersih, Bantu Wilayah Terdampak Kekeringan

Bagaimana Memulai Sedekah Subuh?

Sedekah subuh tidak harus dengan jumlah besar. Dimulai dari uang receh atau seribu rupiah pun bernilai pahala besar, apalagi jika kita meningkatkan jumlah sedekah kita. Insyaallah nilai pahalanya akan lebih besar

Yang terpenting adalah keikhlasan dan keteraturan dalam melakukannya. Kita perlu untuk membiasakan amalan mulia ini. Berikut cara memulai sedekah subuh:

  1. Niatkan untuk bersedekah subuh.
  2. Siapkan uang receh atau sejumlah uang yang ingin disedekahkan.
  3. Setelah sholat subuh, sisihkan waktu untuk bersedekah.
  4. Anda dapat menyerahkan sedekah kepada orang yang membutuhkan, memasukkannya ke kotak amal masjid, atau menyalurkannya melalui lembaga terpercaya.
  5. Berdoalah agar sedekah subuh Anda diterima Allah SWT dan mendatangkan keberkahan bagi kehidupan.

Jadikan Sedekah Subuh Sebagai Kebiasaan

Sedekah subuh bukan hanya amalan sesekali, tapi kebiasaan yang penting untuk dijaga. Jadikan sedekah subuh sebagai bagian dari rutinitas pagi Anda. Awali hari dengan kebaikan, raih keberkahan, dan ciptakan kebahagiaan yang tak ternilai.

Sedekah subuh adalah amalan mudah dengan manfaat luar biasa. Mari kita bersama-sama memulai sedekah subuh dan rasakan keberkahannya dalam kehidupan.

Sahabat bisa melakukan sedekah Subuh melalui YDSF. Salurkan sedekah Subuh Anda melalui:

BSI : 5757 5858 55

BCA : 011 321 7771

Muamalat : 711 002 9306

An. Yayasan Dana Sosial Al-Falah

Informasi dan Konfirmasi : 081 333 951 332

You May Also Like…

Hubungi Kami
Ada yang Bisa Dibantu?