fbpx

7 Hikmah Luar Biasa dan Mendalam Ibadah Kurban yang Mengubah Hidup

Written by ydsfpeduli

On Mei 28, 2024

Idul Adha merupakan salah satu dari dua hari besar dalam Islam. Di momen istimewa Idul Adha, umat Islam di seluruh dunia dipersatukan dalam ibadah kurban.

Ibadah kurban bukan lah hanya sekedar tradisi suci ini bukan hanya tentang menyembelih hewan kurban, tetapi di dalam ibadah ini ada banyak makna dan hikmah yang dapat mengubah hidup manusia.


Perintah melaksanakan kurban ini terdapat di dalam Al-Quran, salah satunya di dalam QS. Al Kautsar: 2. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ

“Maka, laksanakanlah salat karena Tuhanmu dan berkurbanlah!”

(QS. Al-Kautṡar 108:2)

Di dalam momen Idul Adha ini selain menunjukkan ketaatan kepada Allah melalui ibadah kurban, juga akan mempererat hubungan dengan sesama manusia

Berikut 7 hikmah mendalam di balik ibadah kurban yang disyariatkan Islam yang mengajak Anda untuk menyelami makna spiritual dan dampak positifnya bagi kehidupan.

  1. Ketaatan dan Kepatuhan Mutlak kepada Allah SWT

Ibadah kurban menjadi simbol ketaatan dan kepatuhan umat Islam kepada perintah Allah SWT. Kisah Nabi Ibrahim AS yang diperintahkan untuk mengorbankan putra kesayangannya, Ismail AS. Kisah ini menjadi teladan nyata bagi seorang muslim tentang ketaatan tanpa keraguan.

Melalui kurban, kita diingatkan untuk selalu patuh pada perintah Allah SWT, bahkan saat menghadapi ujian terberat.

  1. Meneladani Kesabaran dan Keikhlasan Nabi Ibrahim AS.

Nabi Ibrahim AS diuji dengan perintah untuk mengorbankan putra kesayangannya. Perintah ini menjadi ujian yang begitu berat bagi beliau. Apalagi beliau telah lama terpisahkan dengan anaknya.

Beliau menjalani perintah yang diberikan dengan penuh kesabaran dan keikhlasan, hingga Allah SWT menggantikan Ismail AS dengan seekor domba. Ibadah kurban mengingatkan kita untuk selalu sabar dan ikhlas dalam menjalani setiap cobaan dan ujian hidup. Ibadah kurban ini menjadi bagian dari mensyiarkan millah Nabi Ibrahim yang merupakan kekasih Allah.

Baca juga artikel berikut :

4 Keutamaan Membahagiakan Anak-anak

  1. Meningkatkan Kepedulian kepada Sesama

Daging kurban saat ketika saat Idul Adha dibagikan kepada fakir miskin, tetangga, dan keluarga. Hal ini menumbuhkan rasa peduli dan empati terhadap mereka yang kurang beruntung. Ada banyak saudara kita yang ternyata tidak makan dan tidak mampu membeli daging sepanjang tahun.

Selain kita juga bisa berkurban untuk saudara kita yang kurang mampu lintas daerah, bahkan lintas negara yang kondisinya kurang stabil atau mengalami kekurangan.

Ibadah kurban mendorong kita untuk saling berbagi dan membantu sesama, mewujudkan semangat solidaritas dan kebersamaan.

  1. Mempererat Silaturahmi dan Ukhuwah Islamiyah

Rangkaian kegiatan kurban tidak mungkin dilakukan sendiri. Di dalam ibadah kurban terdapat proses penyembelihan, pembagian daging kurban, dan kegiatan bersama di sekitar masjid. Hal menjadi momen untuk mempererat silaturahmi dan ukhuwah Islamiyah di dalam masyarakat..

Dengan ibadah kurban ini kita saling berbagi dan bersosialisasi yang memperkuat rasa persaudaraan dan kekompakan antar umat Islam. Secara umum ibadah kurban akan memperkuat ukhuwah islamiyah di seluruh dunia.

  1. Menyadari Karunia yang Allah Berikan

Ibadah kurban mengingatkan kita untuk senantiasa bersyukur atas segala karunia yang diberikan Allah kepada kita, termasuk kesehatan, rezeki, dan kehidupan yang diberikan kepada kita.

Dengan menjalankan perintah kurban ini merupakan salah satu wujud kesyukuran kita atas karunia yang telah Allah berikan kepada kita. Cara terbaik seorang muslim untuk bersyukur adalah memanfaatkan apa yang diberikan oleh Allah untuk menebarkan kebaikan dan menjalankan perintah Allah.

  1. Meningkatkan Rasa Syukur dengan Adanya Hewan Kurban

Hewan kurban merupakan karunia dan rezeki yang diberikan Allah kepada manusia untuk dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Allah menciptakan hewan kurban ini untuk banyak diambil manfaatnya, diantaranya untuk dimanfaatkan daging dan susunya, kulit dan tenaganya.

Ibadah kurban membuka mata kita untuk senantiasa bersyukur atas diciptakannya hewan ternak dalam kehidupan manusia. Selain itu dengan adanya ibadah kurban ini membuat kita lebih peduli terhadap kesejahteraan hewan.

  1. Menggerakkan Ekonomi Umat

Hewan kurban memiliki syarat tertentu agar layak dijadikan hewan kurban. Untuk mendapatkan hewan kurban yang baik tentunya tidak lepas dari para pengusaha peternakan hewan, terutama hewan kurban.

Dengan adanya momen ibadah kurban ini akan terjadi perputaran ekonomi. Roda ekonomi, terutama dari pedesaan akan mengalami perputaran. Hal ini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena ada banyak permintaan hewan kurban.

Demikian 7 hikmah dan pelajaran yang bisa kita ambil dari berkurban. Hendaknya kita berkurban hanya untuk mendapatkan keridhaan dari Allah semata. Semoga bermanfaat dan meningkatkan semangat kita dalam berkurban.

Kami mengajak sobat dalam program Ekspedisi Kurban YDSF. Mulai dengan 2-jutaan saja Sahabat sudah bisa berpartisipasi kurban untuk para dhuafa dan kurban di daerah-daerah yang sangat jarang merasakan kebahagiaan kurban.

Yuk berbagi kebahariaan dengan saudara kita!

Rekening kurban:
BSI : 5656 0505 06
Bank Muamalat : 711 002 9306

Konfirmasi:
081 333 951 332

You May Also Like…

Hubungi Kami
Ada yang Bisa Dibantu?