fbpx

Bolehkah Berkurban untuk Orang Tua atau Keluarga ?

Written by ydsfpeduli

On Mei 29, 2024

Idul Adha yang merupakan salah satu hari raya umat Islam begitu lekat dan identik dengan ibadah kurban. Momen Hari Raya Idul Adha merupakan hari yang penuh dengan makna yang mendalam jika kita meresapinya.

Hukum mengerjakan ibadah kurban adalah sunnah muakkadah yang artinya sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Seorang yang mampu untuk mengerjakan kurban sebaiknya melaksanakan ibadah ini. Begitu besar pahala dan keutamaan dari berkurban. Diantaranya terdapat dalam sebuah hadits

“Tidak ada satu amalan yang paling dicintai oleh Allah dari Bani Adam ketika Hari Raya Idul Adha selain menyembelih hewan kurban. Sesungguhnya hewan itu datang pada hari kiamat (sebagai saksi) dengan tanduk, bulu, dan kukunya. Dan sesungguhnya darah hewan kurban telah terletak di suatu tempat di sisi Allah sebelum mengalir di tanah. Karena itu bahagiakan dirimu dengannya.”
(Hadits riwayat Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Hakim)

Bagi yang ingin melaksanakan ibadah kurban pertanyaan seputar hukum dan keutamaan berkurban pun kerap muncul. Salah satunya tentang apakah diperbolehkan berkurban untuk orang tua atau keluarga?

Mungkin Sahabat juga bertanya-tanya apakah berkurban untuk orang tua atau keluarga diperbolehkan atau tidak. Yuk kita simak pembahasan berikut!

Hukum Berkurban untuk Orang Tua atau Keluarga

Secara hukum, berkurban untuk orang tua atau keluarga diperbolehkan dalam Islam. Baik berkurban untuk diri sendiri, orang tua, maupun keluarga, semuanya sah dan mendapatkan pahala. Diperbolehkannya berkurban untuk untuk orang tua berdasarkan hadits:

Hadist Nabi Muhammad SAW, dari Abu Hurairah RA, beliau berkata, “Nabi SAW berkurban dengan dua ekor kambing, satu untuk beliau dan keluarga beliau, dan satu lagi untuk umat beliau.”
(HR. Bukhari dan Muslim)

Berdasarkan hadits di atas maka kita diperbolehkan untuk berkurban untuk keluarga maupun orang lain. Hal ini juga didukung oleh kesepakatan mayoritas ulama yang menyatakan bahwa berkurban untuk orang lain, termasuk untuk orang tua dan keluarga diperbolehkan.

Baca juga artikel berikut :

7 Hikmah Luar Biasa dan Mendalam Ibadah Kurban yang Mengubah Hidup

Berkurban untuk orang tua merupakan wujud bakti dan kasih sayang anak kepada orang tuanya. Dengan berkurban untuk orang tua akan mengalirkan pahala untuk orang tua yang akan menjadi pemberat timbangan amal kebaikan.. Selain menjadi pahala untuk orang tua, orang yang melakukan kurban untuk orang tuanya juga akan mendapatkan pahalanya.

Selain itu dengan berkurban untuk orang tua dan keluarga juga akan meningkatkan kedekatan dan kekeluargaan diantara muslim. Persaudaraan akan semakin hidup dan tumbuh dengan melaksanakan kurban untuk keluarga. Insyaallah juga akan memberikan keberkahan di dalam keluarga.

Adapun beberapa tips berkurban untuk orang tua dan keluarga untuk memperoleh kebaikan di dalam ibadah ini.

  • Niat yang tulus
    Setiap amalan tergantung dari niatnya. Niatkan berkurban untuk diri sendiri, orang tua, dan keluarga dengan tulus ikhlas. Laksanakan ibadah ini untuk menjalankan perintah-Nya dan hanya untuk mendapatkan ridha dari Allah.
     
  • Memilih hewan kurban yang terbaik
    Ibadah kurban ini dilaksanakan sekali dalam setahun. Dalam momen ibadah ini berikan kurban yang terbaik. Pilihlah hewan kurban yang sehat, memenuhi syarat syariat, dan sesuai dengan kemampuan.

  • Menyembelih hewan kurban dengan cara yang benar
    Pastikan hewan kurban disembelih dengan cara yang benar dan sesuai syariat. Dengan menyembelih kurban dengan benar akan berpengaruh kepada sah atau tidaknya ibadah kurban yang kita lakukan. Selain itu, menyembelih dengan benar, misalnya dengan mempertajam pisau akan mengurangi rasa sakit yang dirasakan oleh hewan kurban.

  • Membagikan daging kurban dengan adil
    Bagikan daging kurban kepada orang lain dengan adil dan merata, terutama kepada orang-orang yang membutuhkan.

Demikian jawaban boleh tidaknya berkurban untuk orang tua dan keluar beserta tips untuk berkurban. Semoga menambah wawasan bagi kita.

YDSF mengajak Sahabat untuk berkurban untuk fakir miskin dan dhuafa yang masih sangat jarang merasakan kebahagiaan Idul Adha. Mulai dari dua jutaan akan mengalirkan kebahagiaan untuk saudara kita.
——

Mari berbagi dengan saudara kita!

Rekening kurban:
BSI : 5656 0505 06
Bank Muamalat : 711 002 9306

Konfirmasi:
081 333 951 332

You May Also Like…

Hubungi Kami
Ada yang Bisa Dibantu?