fbpx

Hal-hal yang Perlu Dilakukan untuk Mengatasi Krisis Kemanusiaan

Written by ydsfpeduli

On November 24, 2023

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi krisis kemanusiaan. Setidaknya jika tidak bisa mengatasi krisis, ada peran untuk mengurangi dampak yang terjadi karena krisis ini.

Krisis kemanusiaan ini mengacu pada kondisi belum terpenuhi dan tegaknya hak asasi manusia (HAM) dan terjadi dalam kondisi skala besar.

Kondisi yang terjadi pada krisis kemanusiaan, diantaranya adalah kelaparan, kesakitan, kehilangan tempat tinggal, kehilangan keluarga, ketiadaan pendidikan yang layak yang kesemuanya menimbulkan penderitaan bagi manusia.

Menurut Hilman Latif yang dikutip dari Muhammadiyah.or.id, krisis kemanusiaan di dunia disebabkan oleh dua hal, yaitu yang disebabkan oleh alam (natural calamities) dan ulah tangan manusia (man-made disaster).

Di era ini ternyata masih banyak negara yang mengalami krisis kemanusiaan. Diantaranya adalah negara muslim seperti Palestina dan Afganistan

Selain itu beberapa negara di Afrika juga banyak yang mengalami krisis seperti kelaparan dan kemiskinan.

Ada tindakan-tindakan yang perlu dilakukan untuk mengatasi krisis kemanusiaan. Tentunya permasalahan ini tidak bisa dilakukan sendiri.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi krisis kemanusiaan. 

  • Membersihkan Diri dari Keserakahan

Krisis kemanusiaan yang terjadi di dunia ini memberikan dampak penderitaan berkepanjangan bagi manusia.

Keserakahan dalam diri manusia inilah yang membuat seorang, kelompok atau suatu negara mengusir, membunuh dan menindas suatu kelompok atau negara.

Tindakan-tindakan opresif tersebut menjadikan orang-orang kehilangan haknya sebagai manusia.

Maka kita sebagai manusia, terutama sebagai seorang muslim harus sangat penting membersihkan diri dari sifat serakah dan kecintaan berlebih terhadap dunia.

Perlu diingat juga bahwa peran manusia di dunia adalah sebagai pemimpin. Maka setiap dari kita memiliki peran menjaga keharmonisan dan kedamaian di dunia.

Baca juga artikel berikut :

Mengapa Zakat, Infaq dan Shadaqah Penting dalam Islam?

  • Meningkatkan Persatuan Umat

Setiap muslim adalah bersaudara yang disatukan oleh akidah dan keimanan kepada Allah.

Persaudaraan muslim ini tidak terikat oleh ruang, waktu ataupun batas negara.

Dengan menyadari persaudaraan antar sesama muslim maka akan membangkitkan perasaan untuk bersatu pada membantu saudara muslim yang sedang mengalami krisis kemanusiaan.

Islam merupakan agama yang sangat menghargai hak-hak kemanusiaan. Maka persatuan umat Islam sangat berperan dalam mengatasi krisis kemanusiaan yang terjadi di dunia.

  1. Negara Mengakomodasi dan menyuarakan Isu Kemanusiaan
    Peranan suatu negara sangatlah penting untuk menyuarakan isu kemanusian dunia.

Dengan suara dari suatu negara di kancah internasional akan memberikan pengaruh kepada negara lain untuk mendukung kepedulian terhadap isu yang sedang ada.

Selain itu negara juga berperan mengakomodasi suara rakyatnya tentang isu-isu kemanusiaan yang ada.

Negara melalui perangkatnya bisa turut serta untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan dari masyarakat.

  1. Bantuan Organisasi Tinggi Dunia
    Peranan organisasi dunia dalam mengatasi krisis kemanusiaan ini sangatlah strategis. 

Dalam penyelesaian masalah harus benar-benar didasari rasa keadilan dan kemanusiaan.

Organisasi ini mampu untuk memberikan kebijakan yang memberikan dampak secara internasional.

  1. Mengajarkan Kepedulian Mulai dari Keluarga
    Kepedulian terhadap sesama ini bisa mulai diajarkan di dalam keluarga. Islam lewat syariatnya seperti zakat, infak dan sedekah.

Kesadaran atas kemanusiaan ini perlu untuk dikenalkan kepada anak. Setiap manusia memiliki hak untuk mendapatkan kehidupan yang layak.

Selain itu sebagai muslim kita diperintahkan untuk menebarkan kebaikan dan mengembangkan kepedulian di dalam diri kita.

Apalagi antar sesama muslim sejatinya kita adalah bersaudara satu sama lain. Selain itu lewat media sosial yang kita miliki kita bisa turut menyuarakan kemanusiaan.

Demikian beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi krisis kemanusiaan. Mari sebagai muslim kita berperan untuk mengatasi krisis ini.

You May Also Like…

10 Pondok Pesantren Terbaik di Jawa Timur

10 Pondok Pesantren Terbaik di Jawa Timur

Berikut beberapa pondok pesantren terbaik di Jawa Timur yang bisa menjadi pilihan untuk menyekolahkan putra putri Anda yaitu, Al Izzah IIBS, Ar Rohmah IIBS, Ponpes Daarul Ukhuwah, Dalwa, Ponpes Hidayatullah

7 Pesantren Terbaik dan Berkualitas di Malang

7 Pesantren Terbaik dan Berkualitas di Malang

Inilah pondok pesantren terbaik di Malang yaitu Ar Rohmah IIBS, Al Izzah IIBS, Ponpes Modern Daarul Ukhuwah, Al Izzah IIBS, Ponpes Al-Hikam, Al Mahiira IIBS dan Ponpes Al-Firqah An-Najiyah

Hubungi Kami
Ada yang Bisa Dibantu?