fbpx

Hukum Kurban Online, Bolehkah?

Written by ydsfpeduli

On Mei 30, 2024

Idul Adha merupakan momen hari raya umat Islam yang identik dengan ibadah ibadah kurban. Kurban sendiri menjadi salah satu momen yang bisa mempersatukan umat Islam di seluruh dunia. Hukum mengerjakan kurban adalah sunnah muakkad, yaitu sunnah yang sangat dianjurkan.

Dengan hadirnya teknologi modern saat ini memunculkan alternatif baru dalam berkurban, yaitu kurban online. Jika dahulu kita berkurban secara langsung dengan memilih hewan kurban sendiri, melihat proses penyembelihannya dan membagikan hewan kurban di sekitar lokasi penyembelihan.

Dengan teknologi kurban online ini, kita tidak perlu kemana-mana. Kita hanya perlu memilih program kurban, memilih hewan kurban yang diinginkan, kemudian membayar hewan ternak dan tambahan biaya operasional jika diperlukan. Kemudian hewan kurban akan disembelih pada hari Idul Adha sesuai ketentuan.

Saat ini begitu banyak lembaga amil zakat atau lembaga sosial yang menawarkan program kurban online. Kurban online ini ternyata bisa menjadi salah satu solusi untuk pemerataan distribusi hewan kurban untuk umat Islam.

Dengan adanya program kurban online ini, mungkin sahabat bertanya-tanya, bolehkah qurban secara online? Untuk mendapatkan jawabnnya, mari simak pembahasan berikut.

Hukum Qurban Online Menurut Al-Quran dan Hadits

Para ulama memiliki pandangan beragam mengenai hukum kurban online. Namun, mayoritas ulama memperbolehkan kurban online dengan syarat tertentu. Hal ini didasarkan pada prinsip Islam yang membolehkan wakalah (pewakilan). Dalil tentang wakalah atau perwakilan ini terdapat di dalam Surat Al Kahfi: 19


………utuslah salah seorang di antara kamu pergi ke kota dengan membawa uang perakmu ini. Hendaklah dia melihat manakah makanan yang lebih baik, lalu membawa sebagian makanan itu untukmu. Hendaklah pula dia berlaku lemah lembut dan jangan sekali-kali memberitahukan keadaanmu kepada siapa pun.”
(QS. Al-Kahfi: 19)

Ayat ini menunjukkan bolehnya adanya perwakilan, termasuk dalam melaksanakan kurban, ketika ada halangan atau kesulitan. Kurban online dapat dilihat sebagai bentuk mencari solusi atas keterbatasan jarak dan kemudahan di era modern.

Baca juga artikel berikut :

Bolehkah Berkurban untuk Orang Tua atau Keluarga ?

Selain itu terdapat Hadits yang memperkuat diperbolekannya wakalah, yaitu hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim

Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang melakukan transaksi jual beli, maka hendaklah ia mensyaratkan (ketentuan-ketentuan).”
(HR. Muslim)

Hadits ini menjelaskan tentang dibolehkannya wakalah dalam urusan muamalah (transaksi), termasuk wakalah dalam pelaksanaan ibadah kurban.

Ketika akan melaksanakan kurban online adapun yang perlu untuk diperhatikan agar tetap sah dan tidak lepas dari esensi berkurban, yaitu:

  • Lembaga penyelenggara kurban online haruslah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik dalam menjalankan amanah dari para donatur.
  • Hewan kurban yang disediakan memenuhi syarat sah kurban, yaitu sehat, cukup umur, bebas dari cacat, dan jenisnya sesuai ketentuan syariat.
  • Proses penyembelihan dilakukan sesuai syariat Islam oleh petugas yang kompeten dan memenuhi syarat
  • Dokumentasi pemotongan dan pendistribusian daging kurban harus transparan yang bisa dibagikan kepada donatur.
  • Proses penyembelihan hewan kurban hendaknya tidak menghilangkan tradisi dalam berkurban yang melibatkan masyarakat. Walaupun kurban online, tidak menghilangkan nilai-nilai sosial dan kebersamaan.

Ingin melakukan kurban online? Berikut langkah-langkah untuk melaksanakan kurban online:

  1. Pilih Lembaga Penyelenggara Terpercaya
    Cari tahu rekam jejak lembaga, jenis hewan yang disediakan, harga, dan sistem pelaporan.
  2. Pilih Hewan Kurban
    Sesuaikan pilihan hewan sesuai dengan kemampuan kita. Kita juga bisa memilih program yang disediakan oleh lembaga penyelenggara kurban online.
  3. Lakukan Pembayaran
    Setelah memilih hewan kurban dan program yang diinginkan, segera lakukan pembayaran agar segera diproses.
  4. Lakukan Niat
    Berniat untuk melakukan kurban dan lakukan dengan ikhlas hanya untuk mendapatkan ridha Allah SWT
  5. Pantau Dokumentasi
    Pastikan lembaga memberikan dokumentasi pemotongan dan pendistribusian daging kurban.

Kurban online diperbolehkan dengan syarat tertentu dan berdasarkan prinsip wakalah. Pastikan anda memilih lembaga penyelenggara yang terpercaya dan mengikuti panduan yang tepat.

Dengan niat yang tulus dan ikhlas, qurban online dapat menjadi alternatif berkurban yang mudah, praktis, dan bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

Sahabat bisa melakukan kurban online melalui YDSF. YDSF sudah dipercaya selama puluhan tahun oleh donatur untuk menyelenggarakan kurban. Mulai 2-jutaan sudah bisa berkurban dengan praktis, memenuhi persyaratan dan tepat sasaran.

Yuk ikut program ekspedisi kurban YDSF!
Rekening kurban:
BSI : 5656 0505 06
Bank Muamalat : 711 002 9306

Konfirmasi:
081 333 951 332

You May Also Like…

Hubungi Kami
Ada yang Bisa Dibantu?