fbpx

7 Syarat Wajib Zakat Fitrah, Apa Saja?

Written by ydsfpeduli

On Januari 6, 2023

Terdapat 7 syarat wajib zakat yang harus dipenuhi oleh muzakki. Di antaranya yakni 1. Merdeka, 2. Beragama Islam, 3. Kepemilikan harta sempurna.

Syarat-wajib-membayar-zakat-fitrah

Terdapat dua syarat wajib zakat yang harus dipenuhi oleh umat Muslim saat menunaikannya. Petama, umat Muslim wajib berzakat apabila telah baligh dan memiliki harta yang cukup. Kedua, syarat wajib yang berkaitan dengan harta.

Zakat memiliki hukum wajib bagi semua muslim yang telah baligh dan berakal sehat.

Kewajiban mengeluarkan zakat disebutkan sebanyak 36 kali dalam Al-Qur’an, 20 kali yang disandingkan dengan kewajiban menunaikan shalat. Secara bahasa, zakat berasal dari kata zakat yang berarti tumbuh dan berkembang. Zakat juga bisa berarti suci, bertambah, berkah, dan terpuji.

Berdasarkan jenisnya, zakat mal dapat dibayarkan sepanjang tahun, sedangkan zakat fitrah dibayarkan pada bulan Ramadhan sebelum shalat Idul Fitri dilakukan. Zakat fitrah dibayarkan atas kebutuhan pokok yaitu beras atau uang, kita dapat melihat kebutuhan membayar zakat fitrah pada harga barang tersebut.

Zakat yang dikeluarkan dianggap sah bila telah mencapai nisab dan disimpan selama satu tahun (haul). Untuk menunaikan zakat, berikut syarat-syarat wajib zakat yang harus dipenuhi oleh pemberi zakat (muzakki).

Syarat-syarat wajib zakat (muzakki)

  1. Beragama Islam

Syarat wajib zakat yang pertama yakni, beragama Islam. Meskipun salah satu penerima zakat adalah seorang mualaf, orang yang memberikan zakat hanya yang beragama Islam.

  1. Merdeka

Syarat tersebut tetap merupakan syarat sah bagi wajib zakat, karena orang yang wajib membayar zakat adalah orang yang mandiri (mampu) dan telah memenuhi syarat untuk mengeluarkan zakat.

  1. Kepemilikan harta sempurna

Syarat wajib zakat, termasuk kepemilikan, harus dipenuhi agar hartanya digunakan untuk berzakat. Jika seorang Muslim dan non-Muslim telah membuat kepemilikan bersama atas aset mereka, maka bagian yang dimiliki oleh Muslim harus diperhitungkan untuk perhitungan zakat.

  1. Pendapatan yang baik

Untuk dapat menunaikan zakat, seorang muzakki wajib memiliki pendapatan yang baik. Bukan pendapatan yang berasalah dari pekerjaan yang haram.

  1. Mencukupi nisab

Nisab merupakan batas minimum yang menentukan apakah suatu harta harus dikeluarkan atau tidak. Nisab setara dengan 20 koin emas atau 85 gram emas yang dimiliki oleh muzakki.

  1. Mencukupi Haul

Dalam zakat penghasilan (zakat maal), periode 1 tahun adalah ukuran kumulatif 354 hari atau 365 hari untuk menghitung zakat penghasilan. Apabila penghasilan selama setahun telah mencukup haul, maka wajib untuk berzakat.

  1. Tidak memiliki hutang

Syarat wajib zakat selanjutnya adalah muzakki tidak boleh memiliki hutang ataupun terlilit hutang. Berbeda dengan mazhab ini, para ulama berpendapat bahwa ketiadaan hutang akan menghalangi kewajiban zakat, baik itu berupa pajak tanah, surat berharga atau yang lainnya.

Hikmah zakat bagi muzakki dan mustahik

Hikmah zakat bagi muzakki: Membersihkan harta dan mensucikan hati dan jiwa dari penyakit seperti dengki dan keserakahan, menjauhkan diri dari sifat tercela dan kejam terhadap fakir miskin, serta menaikkan derajat dan mendapat keberkahan Allah.

Hikmah zakat bagi mustahik: Membangun persaudaraan di antara umat Islam, meringankan beban keuangan mereka, menolak perbuatan jahat, meningkatkan keimanan kepada Allah, dan memungkinkan mereka untuk menata kembali kehidupan mereka.

Fungsi zakat dalam Islam

Beberapa fungsi zakat dalam Islam di antaranya yakni:

  • Menyempurnakan Agama
  • Membersihkan Harta
  • Menumbuhkan harta
  • Menghapus dosa
  • Wujud dari keimanan
  • Dapat mempererat tali persaudaraan muslim
  • Mendapatkan keberkahan dari Allah SWT

Kini, Anda bisa membayar zakat semakin mudah dan cepat melalui Yayasan Dana Sosial Al Falah Malang. Bayar zakat di sini, professional dan amanah!

You May Also Like…

Hubungi Kami
Ada yang Bisa Dibantu?