fbpx

8 Tips Tubuh Bugar dan Fit Selama Puasa Ramadhan

Written by ydsfpeduli

On Februari 14, 2023

Tubuh bugar dan fit selama bulan Ramadhan dapat membantu umat muslim menjalankan ibadah dengan lancar. 

Walau selama bulan Ramadhan kita diwajibkan untuk menahan diri, khususnya menahan hawa nafsu dan rasa lapar, ini bukan alasan kita untuk bermalas-malasan. Pada saat puasa, tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan seperti biasanya.

Maka itu, penting untuk memperhatikan asupan nutrisi dan tips berkegiatan agar tubuh tetap bugar dan fit selama puasa Ramadhan.

1. Minum cukup air putih

Dehidrasi dapat menyebabkan tubuh lemas, kurang fokus, dan tidak bersemangat. Maka, penting untuk menjaga cairan tubuh tetap terjaga agar tubuh bugar dan fit selama puasa Ramadhan.

Minumlah delapan gelas atau sekitar dua liter air putih per harinya. Caranya yakni dengan minum pada saat berbuka puasa, malam hari setelah shalat tarawih, dan saat sahur.

Walau berpuasa, tetap jaga dehidrasi tubuh ya, sahabat.

2. Olahraga ringan

Saat menjalankan puasa Ramadhan, kita tetap bisa menjalankan olahraga dengan intensitas ringan. 

Olahraga intensitas ringan yang dapat dilakukan di antaranya yakni, jalan kaki, senam, dan lain-lainnya. 

3. Hindari makanan manis

Gula dapat memberikan energi yang bersifat sementara. Saat asupan gula dalam tubuh menurun, maka muncul rasa lapar dan lesu pada tubuh.

Sehingga, konsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi seperti kentang atau nasi untuk mengatasi lemas. Selanjutnya, konsumsi makanan dengan kandungan protein tinggi seperti daging atau kacang-kacangan.

 

4. Tidur cukup

Pola tidur yang cukup dapat membuat tubuh kita bugar dan fit. Sebaliknya, pola tidur salah dan kurang terpenuhi dapat menyebabkan tubuh lesu.

Terlebih lagi, rasa kantuk yang dirasakan pada siang hari dapat disebabkan oleh kurangnya istirahat yang cukup. Selama bulan Ramadhan, pola tidur kita bisa berubah. Maka, atur kembali pola tidur dan istirahat selama bulan Ramadhan. 

Pakailah waktu luang untuk beristirahat, misalnya dengan tidur siang.

5. Konsumsi sayuran dan buah

Sayuran dan buah memiliki kandungan serat yang dapat dicerna tubuh dalam waktu yang lam. Sehingga, sayuran dan buah dapat membuat rasa kenyang lebih lama.

Selama bulan Ramadhan, perbanyaklah konsumsi sayuran dan buah yang kaya akan kandungan serat.

6. Mengurangi kafein

Selama bulan Ramadhan, kurangi konsumsi kafein yang terdapat dalam minuman atau makanan. Pasalnya, kafein dapat menghambat natrium dan mendorong pengeluaran air melalui air kemih. Sehingga dapat menyebabkan buang air kecil terus-menerus.

Alih-alih mengonsumsi minuman atau makanan yang mengandung kafein, sebaiknya konsumsi air putih dan makanan sehat lainnya.

7. Makan sahur

Sangat penting untuk sahur sebelum berpuasa untuk meningkatkan asupan cairan yang tepat.

Sahur diperlukan untuk memastikan kebutuhan cairan tubuh Anda terpenuhi sebelum memulai puasa. Untuk hasil yang optimal, pastikan untuk makan saat sahur agar tubuh tidak mengalami dehidrasi saat menjalani puasa.

Selanjutnya, sahur bermanfaat untuk mencegah tubuh mengalami rasa lapar. Lemak yang didapat dari makanan saat sahur disimpan sehingga berfungsi sebagai cadangan yang kemudian digunakan sebagai energi bagi tubuh.

8. Mengontrol porsi makan

Menjaga pola makan sehat saat Ramadhan sama pentingnya dengan mengontrol porsi makan.

Saat berbuka, jangan langsung memakan makanan berat. Mulailah dengan minum air putih sehingga dapat merehidrasi seluruh tubuh setelah puasa seharian. Demikian juga, batasi konsumsi makanan dan minuman bersoda atau manis.

Saat sahur konsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks, seperti ubi, singkong, jagung, beras merah, dan roti gandum. 

Selanjutnya, tips tubuh bugar dan fit selama puasa Ramadhan ini bisa Anda coba agar bisa menjalan ibadah di bulan Ramadhan dengan lancar.

 

You May Also Like…

Hubungi Kami
Ada yang Bisa Dibantu?