fbpx

Sariawan Dan Cara Mengobatinya

Written by ydsfpeduli

On November 12, 2021

Sariawan merupakan luka kecil dangkal yang ada di rongga mulut seperti lidah, gusi, maupun mukosa pipi atau bibir.  Biasanya sariawan disebabkan karena trauma (seperti tergigit, terbentur), karena virus/jamur, stres, alergi makanan, kekurangan nutrisi, hormonal, adanya penyakit sistemik, bahkan bisa jadi merupakan tanda awal adanya kanker rongga mulut. 

Sariawan meskipun kecil, namun biasanya menimbulkan rasa perih yang mengganggu. Sehingga adanya sariawan bisa mengganggu fungsi mengunyah dan bicara seseorang. 

Pada umumnya sariawan akan sembuh secara sendirinya dalam waktu 10-14 hari. Namun ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakitnya, maupun mempercepat kesembuhan. Diantaranya:

  1. Minum obat antinyeri jika nyeri
  2. Kompres dengan air es untuk mengurangi rasa sakitnya
  3. mengkonsumsi makanan yang lembut dan hindari makanan panas,asam,pedas 
  4. Kumur dengan air garam hangat
  5. Mengkonsumsi teh chamomile
  6. Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin A,B1,B6,B12,zat besi, asam folat dan zinc
  7. Mengunakan pasta gigi yang lembut dan hindari pasta yang mengandung bahan yang memicu iritasi seperti shodium laureth sulfate

Beberapa hal tersebut bisa dilakukan sendiri dirumah.

Namun jika sariawan tidak kunjung sembuh dalam waktu lebih dari 3 minggu, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter gigi. Dokter gigi akan membantu menemukan penyebab sariawan,termasuk pengobatannya.

Sariawan meski terlihat sepele namun jangan dianggap remeh. Tetap menjaga kebersihan gigi dan mulut  serta banyak mengkinsumsi makanan sehat dapat mencegah munculnya sariawan di rongga mulut.

YDSF Peduli

You May Also Like…

10 Pondok Pesantren Terbaik di Jawa Timur

10 Pondok Pesantren Terbaik di Jawa Timur

Berikut beberapa pondok pesantren terbaik di Jawa Timur yang bisa menjadi pilihan untuk menyekolahkan putra putri Anda yaitu, Al Izzah IIBS, Ar Rohmah IIBS, Ponpes Daarul Ukhuwah, Dalwa, Ponpes Hidayatullah

Hubungi Kami
Ada yang Bisa Dibantu?