fbpx

Sejarah HAM Sedunia, mengapa 10 Desember dijadikan hari HAM sedunia?

Written by ydsfpeduli

On Desember 5, 2023

Hak Asasi Manusia atau yang disebut HAM adalah hak-hak dasar yang melekat pada manusia yang tidak bisa dihilangkan dan sifatnya langgeng. Di dunia Internasional tanggal 10 Desember telah ditetapkan sebagai hari HAM Sedunia. Sejarah Hari HAM sedunia ini memiliki perjalanan yang panjang hingga akhirnya ditetapkan menjadi hari yang diperingati di seluruh di dunia.

 

Indonesia sendiri adalah bangsa yang mengakui dan sangat menjunjung tinggi hak asasi manusia serta meletakkan jaminan hak asasi manusia ini dalam konstitusinya. Hari Hak Asasi manusia dimulai dari perang dunia kedua yang terjadi pada tahun 1939 s.d 1945 yang banyak menjatuhkan korban dan kerugian di seluruh dunia.

Baca juga artikel berikut :

Zakat Disalurkan untuk Palestina, Bolehkah?

 

Dari kesadaran atas penderitaan dan kerugian di berbagai aspek akibat perang dunia kedua ini, maka Majelis Umum PBB menyepakati adanya Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (DUHAM). Deklarasi ini bertujuan agar kejadian seperti perang dunia kedua tidak terulang kembali.

 

Pada tahun 1947 anggota  Majelis Umum PBB mulai menyusun draft DUHAM yang kemudian mulai diadopsi menjadi oleh Majelis umum PBB pada tanggal 10 Desember 1948. Tepat pada tanggal 10 Desember 1950 Majelis Umum PBB mengeluarkan resolusi 423 yang ditujukan kepada seluruh anggota PBB. Sejak saat itulah tanggal 10 Desember diperingati sebagai Hari Hak Asasi Manusia Sedunia.

 

PBB mendeklarasikan aturan tentang HAM yang terdiri dari pembukaan dan 30 pasal Pada masa deklarasi ini anggota PBB sebanyak 58 negara. Sebanyak 48 negara mendukung deklarasi ini, 8 negara memilih untuk abstain dan 2 negara tidak menghadiri deklarasi. Dengan adanya deklarasi HAM sejak tahun 1950 ini menjadi pengingat bagi setiap negara untuk menghormati dan menjunjung hak asasi manusia.

 

Sudah seharusnya penjajahan, penindasan, pembersihan etnis kelaparan ketakutan serta krisis kemanusiaan terhapuskan di dunia. Demikian sejarah dari Hari Hak Asasi Manusia Dunia. Semoga hak asasi manusia senantiasa tegak di muka bumi ini

You May Also Like…

Hubungi Kami
Ada yang Bisa Dibantu?