fbpx

Mengejar Tren Tanaman Hias

Written by ydsfpeduli

On November 3, 2020

Dalam beberapa bulan terakhir, sebagian orang memulai hobi atau kegemaran baru yaitu merawat tanaman hias. Pembatasan kegiatan di luar rumah sepertinya telah mendorong kreativitas untuk menemukan kegiatan baru di lingkungan sekitar rumah.

Pekarangan yang biasanya terbengkalai karena padatnya rutinitas sehari-hari terpaksa harus dipandang karena lebih banyak orang yang work from home. Entah lantaran visual yang kurang menarik dan lama-lama membosankan atau karena kurang kesibukan saat work from home, merawat tanaman hias di rumah menjadi tren selama pandemi.

Nursery yang biasanya hanya dikunjungi penghobi tanaman hias, kini semakin ramai oleh penghobi-penghobi baru. Bagi penjual tanaman hias, tren baru ini meningkatkan pendapatan di masa resesi ekonomi yang kian nyata. 

Sedangkan bagi penghobi tanaman hias newbie, timbul alokasi dana baru untuk membiayai pembelian dan perawatan tanaman hias ini. Apalagi bagi newbie yang berdedikasi tak ingin ketinggalan tren (fear of missing out), membeli dan mengoleksi tanaman hias yang sedang hits menunjukkan statusnya yang selalu updated.

Padahal, seperti hukum permintaan ekonomi pada umumnya, tanaman-tanaman hias yang sedang hits dihargai lebih tinggi. Monstera dan aglaonema adalah dua jenis tanaman hias yang saat ini mampu mencapai harga ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

Bagaimana masa depan kedua tanaman hias ini? Apakah akan mengulang sejarah gelombang cinta yang dulu juga pernah hits?

Lantas, bagaimana para penghobi tanaman hias menyikapi tren ini? Apakah pos pengeluaran masih terkendali sewajarnya? Atau turut dalam euforia prestise ketika tanaman-tanaman hits terpampang di pekarangan rumah? 

Bagi sebagian orang, ketersediaan dana tak jadi soal untuk membeli daun berharga jutaan rupiah. Tapi bagi sebagian orang lagi, beberapa ribu rupiah pun sudah cukup untuk mengganjal perut sekeluarga.

Ketika kegiatan mengisi waktu luang menjadi gaya hidup yang dikendalikan oleh pasar, saatnya kembali pada diri sendiri. Saatnya untuk mempertanyakan, apa tujuan awal merawat tanaman hias di sekitar rumah?

You May Also Like…

10 Pondok Pesantren Terbaik di Jawa Timur

10 Pondok Pesantren Terbaik di Jawa Timur

Berikut beberapa pondok pesantren terbaik di Jawa Timur yang bisa menjadi pilihan untuk menyekolahkan putra putri Anda yaitu, Al Izzah IIBS, Ar Rohmah IIBS, Ponpes Daarul Ukhuwah, Dalwa, Ponpes Hidayatullah

Hubungi Kami
Ada yang Bisa Dibantu?