fbpx

Sucikan Harta Dunia, Tunaikan Zakat Akhir Tahun

Written by ydsfpeduli

On Januari 11, 2024

Zakat merupakan salah satu perintah yang sangat ditekankan dalam Islam. Ibadah ini menjadi salah satu dari rukun Islam, yang artinya menjadi satu hal yang pokok dalam ajaran Islam. Zakat dikatakan sebagai ibadah yang menyucikan harta. Hal ini sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Kita dapat menyucikan harta kita dengan menunaikan zakat akhir tahun.

 

Namun, apa sebenarnya maksud zakat dapat menyucikan harta dan jiwa, mungkin masih banyak dari kita yang bertanya-tanya. Di dalam Al-Quran begitu banyak perintah tentang zakat. Perintah zakat ini banyak disandingkan dengan perintah shalat. Seorang yang beriman kepada Allah akan berusaha untuk menjalankan perintah-Nya.

 

Secara bahasa zakat berasal dari kata “zaka” yang artinya suci, tumbuh, bersih. Dengan zakat akan menyucikan harta dan diri kita, akan menumbuhkan kebaikan yang lebih banyak dan membersihkan harta dan jiwa kita. Islam sangat memperhatikan kesejahteraan dan aspek-aspek sosial umatnya. Di dalam harta kita ini sesungguhnya ada hak-hak orang lain yang perlu dikeluarkan.

 

Baca juga artikel berikut :

Perbedaan Amil Zakat dan Panitia Zakat

 

Perintah untuk mengeluarkan zakat yang dapat menyucikan harta dan jiwa  ini diantaranya terdapat pada Al-Quran Surat At-Taubah 103. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

خُذْ مِنْ اَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيْهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْۗ اِنَّ صَلٰوتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْۗ وَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ

Ambillah zakat dari harta mereka (guna) menyucikan dan membersihkan mereka, dan doakanlah mereka karena sesungguhnya doamu adalah ketenteraman bagi mereka. Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

(QS. At-Taubah 9:103)

 

Dari ayat diatas secara jelas disebutkan bahwa kita diperintahkan untuk menyucikan harta dan jiwa dengan menunaikan zakat. Seorang yang mengeluarkan zakat menunjukkan bahwa diri taat dan beriman kepada perintah Allah. Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa mengeluarkan zakat akan menghilangkan potensi keburukan di dalam dirinya.

 

Jika kamu telah menunaikan zakat hartamu, maka engkau telah menghilangkan potensi keburukannya bagimu.” (HR. Al-Hakim)

 

Sebagai seorang muslim, terutama yang memiliki penghasilan perlu untuk menyadari kewajiban kita dalam berzakat. Di dalam penghasilan kita terdapat harta yang perlu dikeluarkan untuk fakir miskin dan golongan-golongan tertentu yang berhak mendapatkan zakat. Zakat penghasilan ini wajib ditunaikan jiwa penghasilan bersih tahunan kita nilainya telah mencapai 85 gram emas (nishab) dan telah kita miliki selama satu tahun.

 

Zakat akhir tahun ini mengacu pada zakat harta kita yang telah mencapai waktu kepemilikan selama satu tahun (haul). Harta yang telah dimiliki selama satu tahun inilah wajib dikeluarkan zakatnya sebesar 2,5%. Kita bisa mengeluarkan zakat ini kepada delapan golongan yang telah ditentukan oleh Islam. Saat ini pun berzakat semakin mudah dan praktis, kita tidak perlu mencari susah payah siapa penerima yang berhak mendapatkan zakat.

 

Begitu banyak lembaga yang memberikan layanan pembayaran zakat dan disalurkan kepada berhak atau diberdayakan melalui program yang lebih luas dan berdampak kemanfaatannya. Salah satu lembaga yang memberikan layanan zakat adalah YDSF. YDSF telah dipercaya selama puluhan tahun untuk menyalurkan dan memberdayakan zakat.

 

Yuk sahabat, jangan lupa tunaikan zakat akhir tahun!

You May Also Like…

Hubungi Kami
Ada yang Bisa Dibantu?